Apa itu SSL?

Sep 24, 2019 | | Say something

Assalamualaikum WBT dan salam sejahtera.

Pernah kita sebagai pemilik website melihat website kita termasuk dalam kategori UNSECURE oleh Google? Jika YA, pasti kita sebagai pemilik website akan rasa tidak sedap hati. Jadi aku cubalah cari jalan untuk mengatasi permasahan ini. Apabila website kita sudah mempunyai SSL, website kita akan dianggap selamat oleh Google, dan ada huruf “s” selepas “http” menjadi “https”. Contohnya https://mohdazril.com atau https://www.mohdazril.com

Apa itu SSL? yang ini aku petik dari website berbahasa Indonesia iaitu https://idcloudhost.com/panduan/pengertian-dan-fungsi-ssl/

Apa itu SSL?

SSL atau Secure Socket Layer adalah cara sebuah situs web membuat sambungan aman dengan browser web pengguna. Setiap kali seorang surfer web mengunjungi situs yang aman yang menggunakan teknologi SSL, menciptakan sebuah link yang terenkripsi antara sesi browser mereka dan web server. SSL adalah standar industri untuk komunikasi web yang aman dan digunakan untuk melindungi jutaan transaksi online setiap hari.

Lantas Apakah yang Dimaksud dengan Sertifikat SSL?

Web server harus memiliki sertifikat SSL sebelum dapat membuat koneksi SSL. Ketika seseorang mengaktifkan protokol SSL di server web mereka, mereka diminta untuk menjawab pertanyaan yang akan membangun identitas mereka. Pertanyaan meminta informasi tentang kedua situs dan perusahaan. Setelah sertifikat SSL yang diminta, server web menciptakan dua kunci kriptografi, satu adalah kunci pribadi dan yang lainnya adalah Kunci Publik. Tombol ini digunakan bersama dengan rumus enkripsi untuk menciptakan aman hubungan antara web server dan sesi browser.

Mengapa Menggunakan SSL? Untuk Men-enkripsi Informasi Sensitive.

Alasan utama mengapa menggunakan SSL adalah untuk menjaga informasi sensitif selama dalam proses pengiriman melalui Internet dengan cara dienkripsi, sehingga hanya penerima pesan yang dapat memahami dari hasil enkripsi tersebut. Hal ini sangat penting, karena informasi yang kita kirimkan di Internet membutuhkan proses perjalanan dari komputer ke komputer sampai mencapai server tujuan. Komputer lain yang ada diantara Anda dan server dapat melihat nomor Kartu Kredit Anda, username dan passwords, dan informasi sensitive lainnya bila hal ini tidak dienkripsi dengan Sertifikat SSL.

Ketika sertifikat SSL digunakan, informasi menjadi tidak dapat terbaca oleh siapapun kecuali ke server yang memang dituju saat mengirim informasi tersebut. Hal ini melindungi informasi tersebut dari hackers dan pencuri identitas.


Dalam Control Panel memang ada menu untuk kita renew SSL untuk domain kita tetapi berbayar punya. Nak dapat SSL itu kita kena bayar. Tetapi aku ini nak cari yang murah atau percuma sahaja. Alhamdulillah jumpa juga bagaimana cara kita nak dapatkan SSL ini secara percuma, cuma SSL kita nanti hanya SAH untuk 90 hari sahaja. Lepas itu kenalah renew.

Rakan-rakan yang cuba nak dapatkan SSL percuma ini boleh rujuk langkah-langkahnya di website ini https://eezwanmanaf.com/cara-install-ssl-percuma/

Semoga ianya dapat membantu sahabat-sahabat semua.

Wallahualam.

Posted in: Umum | Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *